SEJARAH NISSAN - DATSUN

NISSAN DATSUN HISTORY ~

  
~ 1911 ~
Insinyur Jepang Masujiro Hashimoto berhasil membuat Perusahaan Kwaishinsha di distrik Azabu-Hiroo Tokyo.
~ 1914 ~
Kwaishinsha meluncurkan sebuah mobil yang dibangun untuk jalanan di Jepang dan memenangkan hadiah perunggu di Pameran Taisho di Tokyo. DAT-Car (DAT-GO dalam bahasa Jepang) lahir. Inisial pertama nama tiga perusahaan investornya yang secara harfiah berarti “Secepat kilat”, DAT juga menjadi panduan perusahaan: Durable (Tangguh). Attractive (Menarik). dan Trustworthy (Terpercaya).
~ 1919 ~
Di Osaka, Jitsuyo Jidosha Seizo Kaisha (Perusahaan Manufaktur Kendaraan Praktis) didirikan, manufaktur kendaraan roda tiga yang dirancang oleh insinyur Amerika William Gorham, seorang tokoh penting untuk masa depan Nissan Motor.
~ 1926 ~
Hashimoto Kwaishinsha Co bergabung dengan Jitsuyo Jidosha untuk membentuk perusahaan DAT Jidosha Seizo dan menciptakan pengecoran blok mesin empat silinder perdananya.
 
~ 1931 ~
DAT Jidosha Seizo berafiliasi dengan Tobata Foundry Co. dan me-visikan “mobilitas untuk semua” dimana sang pemilik, Yoshisuke Aikawa mendesain sebuah mobil baru yang ekonomis, berbobot ringan, namun tangguh. Dibuat dengan teknik lokal dan untuk produksi massal, dinamai “DAT-Son” atau “anak DAT”. Nama ini kemudian berubah menjadi ‘Datsun’.
~ 1933 ~
Jidosha Seizo Co (Automobile Manufacturing Co, Ltd) didirikan, mengambil alih semua operasi untuk pembuatan mobil Datsun dari divisi mobil dari Tobata Foundry Co. Model pertamanya adalah Datsun 12.
~ 1934 ~
Jidosha Seizo Co. berubah menjadi Nissan Motor Co., Ltd, yang diambil dari nama singkatan perusahaan induknya “Nihon Sangyo,” atau “Japan Industries.” Datsun mulai diekspor ke negara-negara Asia, Australia, Amerika Latin dan negara-negara lain.
~ 1935 ~
Nissan Motor resmi membuat Jepang sebagai pabrik produksi massal pertama untuk pembuatan mobil di Yokohama, dan Model Datsun 14 diluncurkan pada hari yang sama. Produksi massal tidak hanya mengubah Nissan, tetapi juga cara pembuatan kendaraan di Jepang dan di seluruh dunia, yang juga memiliki efek lebih dalam pada ekonomi Jepang.
~ 1955 ~
Datsun 110 – mobil penumpang pertama yang diproduksi sejak akhir perang – menjadi debut, dan memenangkan Mainichi Industrial Design Award.
~ 1957 ~
Datsun 1000 (Model 210) diluncurkan, menampilkan teknologi baru yang diadopsi melalui kerjasama dengan Austin Motor Co., dari Inggris. 210 mulai di ekspor ke AS setahun kemudian.
~1958 ~
Untuk membuktikan daya tahan dari Datsun, kepala pemasaran Yutaka Katayama memasukkani 210 di reli ketahanan terberat saat itu – Kejuaraan Rally Australia. Memenangkan terbaik di kelasnya dan membuka pintu untuk menunjukkan performa Datsun dan menjadikannya legenda reli di seluruh dunia.
~ 1959 ~
Pertama Datsun Bluebird 310 diluncurkan. Sebuah mobil penumpang yang benar-benar baru, modelnya ikonik untuk menetapkan standar dunia di sisi penjualan, efisiensi bahan bakar dan emisi, yang kemudian membantu pasar Jepang dari kendaraanarmada menjadi kendaraan pribadi.
~ 1961 ~
Datsun mulai memperluas penjualannya ke pasar global diawali beroperasinya Oppama Plant di Jepang dan menetapkan pembuatan Nissan Mexicana S.A. de C.V.
~ 1966 ~
Datsun Sunny B10 diluncurkan – namanya diambil dari 8,5 juta saran dari masyarakat.
Sesuai dengan prinsip-prinsip pendirinya ‘menciptakan ekonomi melalui produksi lokal, Datsun memulai produksi lokalnya untuk penduduk setempat di seluruh dunia, termasuk Thailand, Taiwan, Afrika Selatan, Meksiko dan Australia setelah 1966.
~ 1981 ~
Setelah menjual 20 juta mobil di 190 negara di seluruh dunia, merek Datsun kemudian dihapus dan nama Nissan digunakan untuk membuat perusahaan menjadi lebih berkembang secara global.
~ 2012 ~
Nissan mengumumkan pada bulan Maret tentang kembalinya merek Datsun.
Di rangkum dari : www.datsun.co.id

No comments